Senin, 12 Oktober 2009


Drs. H. Haris Fadillah, M.Si Dilantik Menjadi Sekdakab Sergai

Mad, Sergai

Setelah delapan bulan menduduki jabatan sebagai pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dan berdasarkan keputusan Gubernur Sumatera Utara Nomor 821.23/2319/2009 tanggal 20 Agustus 2009, akhirnya Bupati Sergai H.T. Erry Nuradi melantik Drs. H. Haris Fadillah, M.Si menjadi Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sergai defenitif yang dilaksanakan di aula Sultan Serdang Kompleks Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Jumat (2/10).

Selain Drs. H. Haris Fadillah, M.Si, pada hari dan tempat yang sama Bupati Sergai juga melantik Ifdal, S.Sos, M.AP yang selama ini menjabat Kabag Kessos Setdakab Sergai menjadi Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) menggantikan Drs. Mehamat Tarigan yang memasuki masa purna bakti atau persiapan pensiun.

Hadir menyaksikan pelantikan kedua pejabat eselon II tersebut yaitu Ketua DPRD Sergai MY. Basrun, Dandim 0204/DS Letkol Inf. Herianto Syahputra, S.IP, Kapolres Sergai AKBP Drs. Eri Safari, Sekdakot Tebing Tinggi H. Irham Taufik, SH, Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Evi Diana Erry Nuradi, Ketua DPC GOPTKI Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua DWP Sergai Ny. Hj. Imas Haris Fadillah, para Kepala SKPD dan Camat se-Kabupaten Sergai.

Bupati Sergai H.T. Erry Nuradi dalam sambutannya mengatakan pelantikan kedua pejabat itu merupakan upaya memperkokoh manajemen jajaran Pemkab Sergai dalam menghadapi berbagai tugas tantangan yang lebih berat dan kompleks di masa mendatang karena menghadapi tugas yang kompleks menurut Bupati bukan suatu pekerjaan yang mudah untuk diaplikasikan.

Dikemukakan juga, jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten merupakan unsur staf yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Daerah dan mempunyai tugas membantu Bupati dalam menyusun dan mengkoordinasikan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Selain itu Sekda juga merupakan pemegang fungsi koordinatif yang harus mampu mendorong terciptanya kinerja SKPD demi terwujudnya good governance.

Sebagai seorang top manager kata Erry Nuradi, bahwa Sekda harus dapat memberdayakan segenap unsur aparatur yang ada dan sebagai ketua panitia anggaran eksekutif yang berhubungan dengan anggota legislatif harus mampu menjalin hubungan yang harmonis guna tercapainya hasil kerja yang optimal serta sebagai ketua Baperjakat harus menganut prinsip the right man on the right place dalam menempatkan dan mempromosikan PNS.

Diingatkan juga oleh Bupati Erry Nuradi, apabila ada SKPD mengalami penurunan tingkat kinerjanya terutama dalam mewujudkan program prioritas, maka Sekda secara cerdas harus dapat mendeteksi solusi apa yang perlu disikapi secara operasional. Percepatan tersebut diharapkan dapat terbina dengan mendayagunakan para Asisten dan Staf Ahli Bupati sehingga responsibilitas benar-benar tepat waktu, tepat sasaran dan tidak tertinggal dengan perkembangan kejadian, kata Bupati.

Sementara itu kepada Kepala BPMPD yang baru dilantik, Bupati mengharapkan agar dapat melakukan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat di pedesaan melalui program nasional yang anggarannya dari APBN dan dibantu oleh APBD sebesar 20%. Pemberdayaan anggaran secara efisien dan efektif, mengembangkan swadaya gotong-royong perlu ditingkatkan pelaksanaannya agar masyarakat memiliki kesadaran untuk berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan dengan tidak menunggu program dari pemerintah saja.

Sejalan dengan itu kepada Kepala Badan PMPD dituntut secara kreatif dan inovatif untuk dapat mengambil peran menggagasi pengembangan program yang tetap mempedomani norma, standard dan prosedur serta menjalankan tugas dengan baik sehingga visi kita untuk menjadikan Kabupaten Serdang Bedagai menuju salah satu satu kabupaten terbaik dengan masyarakatnya yang Pancasilais, religius, modern dan kompetitif dapat terwujud, ujar Erry Nuradi.(***)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar